Psikologi Islam Ibnu Sina (Studi Analisis Kritis Tentang Konsep Jiwa Perspektif Ibnu Sina)

Authors

  • Jarman Arroisi Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Rahmat Ardi Nur Rifa Da’i Universitas Darussalam Gontor Ponorogo

Keywords:

Jiwa, eksistensi, kekekalan, kebahagiaan, kesengsaraan

Abstract

Jiwa merupakan salah satu topik yang sangat menarik perhatian para ilmuwan barat. Tidak sedikit dari mereka yang menghabiskan waktunya untuk mengkaji masalah ini. namun, kajian mereka tidak dilandasi dengan agama. Berbeda dengan ilmuwan muslim yang menjadikan agama sebagai pijakannya. Makalah ini bermaksud membahas konsep jiwa yang ditekankan oleh salah satu ilmuwan muslim yaitu Ibnu Sina. Dengan menggunakan metode diskriptif-analisis kajian ini menghasilkan, Pertama jiwa merupakan kesempurnaan awal menjadikan manusia nyata. Kedua, jiwa itu bersifat kekal dan tidak ikut hancur bersama hancurnya badan. Ketiga, ketika jiwa berpisah dengan badan dan kekal, ia memiliki tingkatan kebahagiaan dan kesengsaraan. Untuk mengungkap lebih dalam mengenai hakikat jiwa dan keberadaannya, maka makalah berikut sangat menarik untuk didiskusikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Jar, Al-Fakhruri, Hana, dan Khalil. 1958. Tarikh al-Falsafah Al-‘Arabiyyah, (Beirut: Daru’l-Ma’arif,
Ambiya, Muksal. 2016. Filsafat Jiwa Menurut Ibnu Sina, makalah Program Studi Ilmu Aqidah (Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Islam) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.
Amien, Miska Muhammad. 2006. Epistemologi Islam: Pengantar Filsafat Pengetahuan Islam, Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press),
Anonim. 1983. al-Isyarat wa al-Tanbihat. Kairo: Dar al-Ma’arif.
Anonim. al-Qanun fi al-Thibb, Juz. 1, roma, 1653.
Anonim. Risalah fi al-Quwa al-Nafaniyyah, diterbitkan oleh Fandik, Kairo, 1315 H.
Anonim. 1952.Risalah fi Ma’rifah an-Nafsi’n-Nathiqah wa Ahwalilah, Kairo: Dar al-Ma’arif
Anonim. 1982. Kitab al-Najah fi al-Hikmah al-Manfiqiyyah wa al-Tabi’yyah wa al-Illahiyyah. Beirut: Dar al-Afaq al-Jadidah.
Anonim. 1952. Ahwal An-Nafs, ditahkik oleh Ahmad Fu’ad Al-Ahwani, kairo: Dar Ihya Al-kutub Al-‘Arabiyah.
Anonim. Ahwal an-Nafs an-Nathiqah, ditahkik oleh Fu’ad al-Ahwani, Kairo: Dar Ihya’ al-Kutub al-‘Arabiyah, 1952;
Anonim. 2002. Jiwa dalam Pandangan Para Filosof Muslim, Cet. 1, Bandung: Pustaka Hidayah,
Anonim. 2009. Akhwal An-Nafs Risalah fi an-Nafs Baqoiha wa Ma’adiha, terj. Psikologi Ibnu Sina, Bandung: Pustaka Hidayah
Arifin, Muhammad Zaenal. 2011. Tawanan Benteng Lapis Tujuh. Terj. Sjjin Qol’ah al-Aswar as-sab’ah, cet. 2, Jakarta: Zaman
Aristoteles. 1906. De Anima III, 1,2,3, Beare, J: Greek Theories of Elementary Cagnition Oxford.
Assegaf, Abd. Rachman. 2013. Aliran Pemikiran Pendidikan Islam, Cet. 2, Jakarta: Rajagrafindo Persada
Daudy, Ahmad. 1986. Kuliah Filsafat Islam, Cet. 1, Jakarta: Bulan Bintang.
Daulay, Nurussakinah. 2014. Psikologi dan Pandangan Al-Qur’an tentang Psikologi, Cet. 1, Jakarta: Kencana
Echols, John M. 1997. Kamus IndonesiaInggris, Jakarta: Gramedia, Cet. III
Fairuz, A.W. Munawwir dan Muhammad. 2007. Kamus Al-Munawwir versi IndonesiaArab. Surabaya: Pustaka Progressif, Cet. I,
Ghallab, Muhammad. Al-Ma’rifat ‘Inda Mufakkir al-Muslimin, Mesir: Dar al-Jail, T. Th
Glasses, Cyril. 1999. Ensiklopedia Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
H. De Vos. 1968. Antropologi Fisafat, Stensilan, Terjemahan Endang Soekarian, Yogyakarta.
Hussein, Umar Amin. 1964. Filsafat Islam (Sejarah dan Perkembangannya dalam dunia Internasional), Cet. Ke 2, Jakarta: Bulan Bintang.
Ibrahim, Ahmad Syauqi. 2011. Misteri Potensi Goib Manusia. Jakarta: Qisthi Press
Leksono, Amin Setyo. 2012. Sejarah Kehidupan: Perspektif Evolusi dan Kreasi, Cet. 1, Malang: UB Press
Madkour, Ibrahim. 1988. Filsafat Islam metode dan penerapan, Judul asli (Fi al-Falsafah al-Islamiyyah Manhaj wa Tathbiquh), Jakarta: CV Rajawali
Mubarok, Achmad. 2003. Sunnatullah dalam Jiwa Manusia: Sebuah Pendekaan Psikologi Islam, Cet. 1. Jakarta: HIT Indonesia.
Mujib, Abdul. 1999. Fitrah dan Kepribadian Islam: Sebuah Pendekatan Psikologis, Cet. 1. Jakarta: Darul Falah
Murtuningsih, Wahyu. 2013. Para Filsuf dari Plato sampai Ibnu Bajjah, Cet. 2, Yogyakarta: IRCiSoD
Najichah. 2012. Biografi Tokoh Ilmuwan Dunia, Cet. 1. Jakarta: Balai Pustaka
Najjati, Muhammad Ustman. 1993. Ad-Dirasat al-Nafsaniyah ‘inda al-‘Ulama al-Muslimin, Kairo, Darul Asy-Syuruq
Noor, Fauz. 2009. Berpikir seperti Nabi, Cet. 1, Yogyakarta: LKiS
Nur, Abdullah. Ibnu Sina: Pemikiran Filsafatnya tentang Al-Fayd, Al-Anfs, Al-Nubuwah dan Al-Wujud, Jurnal Hunafa, Vol. 6, No.1, April 2009
Rahman, Fazlur. 1952. Avecenna’s Psychology, London, Oxford University
Rahmatiah, Pemikiran Tentang Jiwa (An-Nafs) dalam Filsafat Islam, Sulesana Volume 11 Nomor 2 Tahun 2017
Rayyan, Muhammad ‘Ali Abu. 1967. Al-Falsafah al-Islamiyyah, Iskandariyah: Dar al-Qaumiyyah
Reza, Syah. Konsep Nafs Menurut Ibnu Sina, Jurnal KALIMAH, Vol. 12, No. 2, September 2014.
Runes, Ralph B. Winn dalam Dagobert D. 1963. Dictionary of Philosophy, New Jersey.
Sholikhin, Muhammad. 2008. FIlsafat dan Metafisika dalam Islam, Yogyakarta: NARASI
Sina, Ibnu. 1975. Asy-Syifa’; ath-Thabi’iyyat, an-Nafs, Kairo, Haiah Mishriyah al-‘Ammah lil Kitabah
Sudaryanto, Raja Oloan Tumanggur dan Carolus. 2017. Pengantar Filsafat untuk Psikologi, Yogyokarata: PT Kanisius
Syarif, M. M. 1963. A History of Muslim Philosophy, Jerman: Wiesbadan
Tp, Ensiklopedia untuk anak-anak Muslim. Yogyakarta: Oasis, Tp thn

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Arroisi, J. ., & Da’i, R. A. N. R. . (2020). Psikologi Islam Ibnu Sina (Studi Analisis Kritis Tentang Konsep Jiwa Perspektif Ibnu Sina). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 199–206. Retrieved from http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/402

Issue

Section

Articles