INTEGRASI KURIKULUM PONDOK DAN NEGERI DI MADRASAH ALIYAH NORMAL ISLAM PUTERA RASYIDIYAH KHALIDIYAH AMUNTAI

  • Muh. Haris Zubaidillah STIQ Amuntai
  • Asniah UIN Antasari Banjarmasin
Keywords: Kata Kunci: Amutnai, Integrasi, Kurikukulum, negeri, pondok.

Abstract

Abstrak. Spesifikasi dan dikotomi Ilmu pengetahuan agama dan umum pada sistem pendidikan karena keterbatasan pikiran manusia untuk mengetahui segalanya adalah sebuah keniscayaan. Akan tetapi spesifikasi tersebut membawa dampak negatif ketika dihadapkan terhadap realitas sosial kemasyarakatan. Oleh karena itu, implementasi kurikulum pendidikan yang mengintegrasikan antara kurikulum keagamaan dan sains (umum) menjadi urgen guna menutup peluang dikotomi ilmu pengetahuan tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana integrasi kurikulum pondok dan negeri di Madrasah Aliyah Normal Islam Putera Rakha Amuntai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan teknik analisis Miles & Huberman, yaitu reduksi, penyajian dan verifikasi data. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa kurikulum pendidikan di Madrasah Aliyah Normal Islam Putera Rakha Amuntai memadukan antara kurikulum negeri dan pondok. Kurikulum negeri mengacu kepada kurikulum kementerian agama, sementara kurikulum pondok mengacu kepada pembelajaran kitab kuning yang diajarkan di pesantren. Dengan adanya integrasi kurikulum pondok dan negeri memberikan efek positif terhadap karir para lulusannya. Lulusan pada Madrasah ini tersebar pada berbagai sektor, ada yang menjadi tokoh agama, tokoh masyarakat, politisi, birokrat, pengusaha, dan lain-lain. Secara teoretis, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap khazanah keilmuan berbasis integrasi-interkoneksi, sementara pada aspek praktis dapat menjadi contoh atau model implementasi bagi lembaga pendidikan yang berbasis integrasi-interkoneksi keilmuan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. 2012. Studi Integrasi Kurikulum Madrasah dan Kurikulum Pesantren Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Tanwirul Islam Tanggumong Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang. Arifin, Z. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Djamas, N. 2009. Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pascakemerdekaan. Rajawali Pers. Franciska, D. I., & Yayan, A. 2017. Penerapan Integrasi Kurikulum Pondok Pesantren Dan Kurikulum Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Di Smp Nawa Kartika Selogiri Wonogiri Tahun Ajaran 2016/2017 [PhD Thesis]. IAIN Surakarta. Munjiat, S. M. 2017. Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Madrasah Pada Pondok Pesantren Manba’ul’ulum Sindangmekar Dukupuntang Cirebon. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2). Salabi, A. 2014. Manajemen Ketatausahaan Pada Madrasah Aliyah. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, Vol. 16 No. 1. Zaini, M. 2006. Pengembangan kurikulum: Konsep implementasi evaluasi dan inovasi. Penerbit eLKAF.
Published
2021-03-01
How to Cite
Zubaidillah, M. H., & Asniah. (2021). INTEGRASI KURIKULUM PONDOK DAN NEGERI DI MADRASAH ALIYAH NORMAL ISLAM PUTERA RASYIDIYAH KHALIDIYAH AMUNTAI. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3, 93-96. Retrieved from http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/714
Section
Articles