PENERAPAN METODE PROYEK DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS ANAK DI TK AISYIYAH YOSOMULYO

  • Atin Risnawati IAIN Metro Lampung
Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Sains Anak, Metode Proyek.

Abstract

Abstrak, Sains adalah ilmu pengetahuan tentang alam atau yang mempelajarai peristiwa yang terjadi di alam. Sedangkan kemampuan sains anak merupakan suatu ketrampilan anak dalam mengenal atau memahami ilmu dan konsep yang ada dalam sains. Dengan anak memiliki kemampuan sains akan memberikan hasil belajar yang tidak mudah untuk anak lupakan, anak juga dapat menggunakan apa yang didapat dari proses pembelajaran untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Melalui metode proyek, anak akan diberikan pengalaman pembelajaran secara langsung yang menghadapkan anak pada persoalan atau permasalahan sehari-hari yang harus dikerjakan secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode proyek dalam pengembangan kemampuan sains anak pada TK Aisyiyah Yosomulyo. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif lapangan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display dan verification. Dan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan metode proyek dalam pengembangan kemampuan sains anak pada TK Aisyiyah Yosomulyo telah terealisasi dengan baik. Hasil pencapaian guru dalam pengembangan kemampuan sains anak pada TK Aisyiyah Yosomulyo adalah kemampuan pengamatan anak berkembang dengan baik, kemampuan mengklasifikasikan anak berkembang dengan baik, kemampuan menginferensi anak mudah untuk dipahami namun ada beberapa anak yang kemampuan menginferensi kurang berkembang dengan maksimal karena kecerdasan setiap anak berbeda-beda, kemampuan memprediksi anak berkembang dengan baik, kemampuan menggunakan alat anak juga sudah mulai lancar dan benar, dan kemampuan berkomunikasi anak juga berkembang dengan baik dan mudah untuk dipahami oleh pendengar. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Peraturan Pemerintah Dinas Pendidikan Nasional. 2009. Peraturan Pemerintah Dinas Pendidikan Nasional, UndangUndang Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Sinar Grafika. Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung, CV Pustaka Setia. Putri, Suci Utami. 2005. Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. Jakarta. Depdiknas. Sujino, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat, PT Macanan Jaya Cemerlang. Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta ,Bumi Aksara. Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Uisa Dini. Jakarta. Kencana Media Grup Roza, Muhammad. 2012. Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustahul Athfal 29 Padang. Jurnal Pesona PAUD (Vol.1 No. 1).
Published
2021-03-01
How to Cite
Risnawati, A. (2021). PENERAPAN METODE PROYEK DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS ANAK DI TK AISYIYAH YOSOMULYO. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3, 113-115. Retrieved from http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/718
Section
Articles