Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis GameMaker: Studio Berbantu Permainan Ular Tangga pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar
Keywords:
Aplikasi GameMaker, Studio, Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga FisikaAbstract
Penelitian ini dilakukan karena terbatasnya jumlah media pembelajaran fisika berbasis teknologi di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika dalam bentuk aplikasi GameMaker: Studio pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Pada tahap analisis, dilakukan kegiatan analisis masalah dan analisis kebutuhan. Pada tahap desain, desain media pembelajaran dibuat kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Pada tahap implementasi, media pembelajaran diuji cobakan pada kelompok kecil dengan responden 15, dan uji kelompok besar dengan responden 72. Tahap evaluasi dilakukan dengan menganalisis data validasi ahli, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Data yang diperoleh melalui metode observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan data validasi dianalisis secara deskripstif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rata-rata ahli 94,67% (Sangat Baik), uji kelompok kecil 76,33% (Baik) dan uji kelompok besar 83,28% (Good). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini layak digunakan untuk pembelajaran fisika.
[This research was conducted because of the limited number of technology-based physics learning media in high schools. The purpose of this research is to develop physics learning media in the form of Game Maker Studio application on the material of rotational dynamics and rigid body equilibrium. This research is a development research using ADDIE model. In the analysis phase, the problem analysis and needs analysis activities are carried out. At the design stage, the design of instructional media is created and then validated by material experts and media experts. At the implementation stage, the learning media were tested on a small group with 15 respondents, and a large group test with 72 respondents. The evaluation phase was carried out by analyzing expert valida tion data, small group testing and large group testing. Data obtained through the observation method were analyzed descriptively qualitatively. While the validation data were analyzed descriptively qualitatively and quantitatively. The average score of experts was 94.67% (Very Good), small group test was 76.33% (Good) and large group test was 83.28% (Good). So it can be concluded that this application is suitable for use in learning physics.]
Downloads
References
S. Aulia Sulistyaningrum, Trapsilo Prihandono, “Penerapan Model Pembelajaran Jurisprudensial Inquiry
Disertai Media Audio Visual Pada Pembelajaran Fisika di SMA,” Pendidik. Fis., vol. 4, 2015.
C. K. dan B. Sutjipto, Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.
A. F. Frilisa Dliyaul Haya, Soetadi Waskito, “Pengembangan Media Pembelajaran Gasik (Game Fisika Asik) Untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama,” Pendidik. Fis., vol. 2, 2014.
P. D. A. P. Indah Kurnia Nur Pratiwi Guterres, Sudarti, Maryani, “Pengembangan Media Pembelajaran
Ular Tangga Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gejala Pemanasan Global Untuk Pembelajaran Fisika di SMA,” Pembelajaran Fis., 2018.
Rusman, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas
Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
A. H. Daryl Hanna, Surtarto, “Model Pembelajaran Tema Konsep Disertai Media Gambar Pada
Pembelajaran Fisika di SMA,” Pendidik. Fis., vol. 5, 2016.