Media Pembelajaran Pada Materi Fluida Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Untuk Siswa SMA
Keywords:
Android, Augmented Reality, Fluida, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaran dengan menggunakan teknologi Augmented Reality yang berbasis android pada materi Fluida. Metode penelitian pengembangan yang digunakan model pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini dilakukan pada SMAN 1 Jasinga, SMAN 1 Cigudeg, SMAN 1 Leuwiliang, masing-masing tiap sekolah dilakukan di 2 kelas XI IPA untuk uji skala besar, sedangkan untuk uji skala kecil atau terbatas dilakukan pada 20 orang pada masing-masing sekolah. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran dnegan Augmented Reality pada materi Fluida yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran, berdasarkan hasil angket respon sisiwa menunjukkan persentase sebesar 87%, angket validasi guru sbeesar 86%, angket uji ahli materi sebesar 85%, dan angket ahli media sebesar 89,5%.
[This research aims to develop and produce learning media products using Augmented Reality technology based on android on Fluid material. The development research method used by the Borg & Gall development model. This research was conducted at Jasinga 1 High School, Cigudeg 1 High School, Leuwiliang 1 High School, each school was conducted in 2 Class XI Natural Sciences for large scale tests, whereas for small or limited scale tests it was conducted on 20 people in each school. The results obtained showed that the learning media with Augmented Reality on the developed Fluid material was suitable for use as learning media, based on the results of the student response questionnaire showed a percentage of 87%, a teacher validation questionnaire of 86%, a material expert test questionnaire of 85%, and media expert questionnaire was 89.5%.]
Downloads
References
[2] Haryani, Prita. “Augmented Reality (AR) sebagai teknologi interaktif dalam pengenalan benda cagar budaya kepada masyarakat”. Jurnal Simetris vol 8 No 2, hal. 808, November 2017.
[3] Riska Septianita. Dkk, “Pengembangan Media Buku Saku Fisika Dengan Teknologi Augmented Reality
[4] Yektyastuti, Resti dan Jaslin Ikhsan, “Pengembangan media pembelaaran berbasis androis pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa Akademik Peserta Didik SMA”. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA.Vol.2 No.1, April 2016.
[5] Sugiyono, Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta, 2019.
[6] Wynarti, Agustina Wynarti, “Pengembangan Permainan Charades Sebagai Media Pembelajaran materi Jenis-jenis Bisnis Ritel Kelas XI Pemasaran Di SMK Negeri 2 Buduran”. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol.6 N0.3, hal.63 Tahun 2018.