UPAYA PENERAPAN SIFAT WAJIB RASUL DI ERA DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN KRIPTOGRAFI DALAM PENGIRIMAN PESAN

Authors

  • Nur Hasna Fajriyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Purnama Sari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nafida Nurhidayati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Kata kunci : Era digital, kriptografi, pesan, sifat wajib.

Abstract

Abstrak. Seiring berkembangnya zaman, semakin berkembang pula teknologinya. Pemanfaatan internet dalam berbagai aspek kehidupan manusia merupakan bukti konkret semakin berkembangnya teknologi. Pada masa ini manusia telah memasuki era digital. Berbagai hal dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, termasuk kegiatan mengirim pesan. Berkembangnya teknologi tak hanya memiliki dampak positif, tetapi juga dampak negatif yang tidak sedikit, jika tidak diantisipasi atau disikapi dengan bijaksana. Di antaranya adalah kebocoran data atau informasi dalam suatu pesan. Kebocoran data dapat diantisipasi dengan memanfaatkan kriptografi dalam proses pengiriman pesan. Kriptografi adalah ilmu untuk menjaga keamanan pesan dengan menyandikan pesan asli menjadi bentuk yang tidak dipahami lagi maknanya. Pemanfaatan kriptografi dalam pengiriman pesan juga merupakan upaya penerapan sifat wajib Rasul yang dapat dilakukan di era digitial. Karena pesan yang dikirim dengan pesan yang diterima isinya sama, tidak ada manipulasi atau kebohongan isi pesan (Shiddiq), sehingga orisinalitas pesan dapat dipercaya (Amanah), kemudian merupakan cara yang tepat dan cerdas digunakan sebab menyesuaikan perkembangan zaman (Fathonah), dan pesan yang dikirim tersampaikan kepada sang penerima (Tabligh). 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akraman, R., Candiwan, C., & Priyadi, Y. 2018. Pengukuran Kesadaran Keamanan Informasi Dan Privasi Pada Pengguna Smartphone Android di Indonesia. JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), 8(2), 115-122. DOI: 10.21456/vol8iss2pp115-122. Al-Sehri, 2012. Information security awareness and culture, British Journal of Arts and Social Sciences; 6(1): 61-69. Departemen Agama. 2009. Al-quran dan Terjemahan. SYGMA: Bandung.
Munir, Rinaldi. 2019. Kriptografi: Edisi Kedua. Informatika, Bandung. Purwanto, A. 2020. Studi Eksplorasi Dampak Work From Home ( WFH ) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling. 2, 1: 92-100. Rizkinaswara, L. 2020. Keamanan Data Pribadi saat Pandemi Covid-19. aptika.kominfo.go.id. https://aptika.kominfo.go.id/2020/04/keamanan-datapribadi-saat-pandemi-covid-19/ Sakdiah. 2016. Karakteristik Kepemimpinan Dalam Islam (kajian Historis filosofis) Sifat-Sifat Rasulallah. Jurnal AlBayan. 22(33): 29-49. Tasmara, Toto. 2001. Kecerdasan Ruhaniyah. Jakarta: Gema Insani Pers.

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Fajriyah, N. H., Sari, P., & Nurhidayati, N. (2021). UPAYA PENERAPAN SIFAT WAJIB RASUL DI ERA DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN KRIPTOGRAFI DALAM PENGIRIMAN PESAN. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3, 37–41. Retrieved from https://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/704

Issue

Section

Articles